Guru Belajar

Siswa belajar itu biasa. Guru belajar itu luar biasa.

Brosur Diklat TI

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), saat ini pelaksanaan ujian online di sekolah sudah menjadi keniscayaan.

Untuk itu, guru diharapkan untuk melek teknologi, salah satunya dituntut mampu mengembangkan soal-soal ujian online terutama soal pilihan ganda (multiple choice) menggunakan program JQuiz (HotPotatoes) untuk kepentingan evaluasi pembelajaran.

Banner Diklat TI

Pelatihan diadakan di PakarTI Learning Center (Rumah Kita) Perumahan Cadas Tirta Indah pada Minggu, 15 September 2019 mulai pukul 8.30 hingga 11.30 WIB.

Kegiatan diikuti oleh 4 orang Guru, yaitu: (1) Okta Mariana (Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Tamanan, Bondowoso), (2) Artatik (Guru Matematika di SMP Negeri Tapen, Bondowoso), (3) Haryantini (Sanggar Kegiatan Belajar –SKB, Bondowoso), dan (4) Asis Saifullah (Guru Madrasah Aliyah Nurul Jadid, Botolinggo, Bondowoso).

Opening Ceremony

Kegiatan Diklat TI dibuka oleh Saudara Heru Mulyadi, selaku Founder Rumah Kita, salah satu supporting team kegiatan Diklat TI.

Setelah itu, kegiatan pelatihan di-handle oleh Saudara Edy Wihardjo yang bertindak selaku Trainer. Beliau adalah Dosen Peneliti di Universitas Jember, dengan bidang keahlian Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer (Computer-Based Learning).

Pemaparan materi

Kegiatan pelatihan dilakukan dengan metode learning by doing, dimana seluruh peserta menerima materi pelatihan sambil mempraktikkan secara langsung di laptop masing-masing.

Sehari sebelumnya, peserta diminta untuk mengunduh (download) program pendukung, yaitu HotPotatoes dari laman: the University of Victoria https://hotpot.uvic.ca/. Kemudian menginstal HotPotatoes di laptop mereka berdasarkan panduan instalasi yang dikirimkan sebagai pesan WhatsApp melalui Grup WA “Diklat TI”.

Learning by Doing

Setelah pemaparan diberikan kesempatan sesi tanya jawab bagi peserta. Beberapa poin pertanyaan yang menarik, antara lain: (1) bagaimana menyisipkan persamaan matematika (equation) ke dalam soal atau opsi jawaban, (2) bagaimana mengacak (shuffle) soal dan atau opsi jawaban, (3) bagaimana membuat jawaban siswa langsung tercatat, misalnya dikirim melalui email.

Diskusi dalam Sesi Tanya Jawab

Kegiatan Diklat TI terselenggara berkat dukungan dari (supported by): (1) SekolahGratis suatu gerakan sosial dengan taglineBelajar Gak Harus Bayar”, (2) Rumah Kita, dan (3) Smada88 Bondowoso Community.

Sebagai catatan, pemateri dan seluruh peserta merupakan anggota komunitas Smada88 Bondowoso Community, yaitu Komunitas Alumni SMA Negeri 2 Bondowoso, khususnya tahun lulus 1988.

1 thought on “Guru Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.