Tadabbur Al Qur’an: One Day One Page

Pesantren Alam Bumi Al-Qur’an, Wonosalam, Jombang, Jawa Timur membuka Kelas Baru Program Tadabbur Al Qur’an secara online melalui Group WhatsApp yang bersifat Satu Arah, yaitu peserta hanya menerima materi.

Berikut tatacaranya:

  1. Peserta akan menerima materi Tadabbur Al Qur’an tiap Ba’da Subuh dan Ba’da Maghrib;
  2. Setiap materi yang diberikan sebanyak 1 halaman Al Qur’an. Jadi total perhari mendapat 2 halaman atau 1 lembar;
  3. Peserta mengawali dengan membaca Al Qur’an, kemudian dilanjutkan dengan membaca Tadabburnya;
  4. Selama bulan Ramadhan, materi akan ditambah menjadi 5 kali sehari atau 5 halaman;
  5. Insya Allah, kelas akan dimulai pada Senin, 11 Maret 2019;
  6. Kami juga membuka kesempatan bagi Anda yang berkenan menjadi Admin Group. Silahkan menghubungi: https://wa.me/+6282231395319

Untuk mendaftar menjadi peserta, silakan masuk ke Group dengan mengklik tautan berikut: https://goo.gl/Rz1CmT.

Nikmati pula cuplikan video berikut: https://youtu.be/q283BwBDLSI.

📜📜📜📜📜📜
Sebarkan Kabar Gembira ini. Semoga Anda sekeluarga mendapat rahmat.

Berbagi Listrik Pintar

Pada kesempatan sebelumnya, SeGra (SekolahGratis) berbagi cerita mengenai kunjungan SeGra ke Pondok Tahfidz Al Kautsar lalu berbagi listrik pintar. https://RumahKita.or.id/SekolahGratis/Listrik-untuk-Pondok-Tahfidz-Al-Kautsar.

Bagaimana sih caranya berbagi listrik pintar?

Secara umum ada dua cara. Pertama lakukan sendiri atau Do It Yourself. Cara kedua berbagi melalui SeGra.

Do It Yourself

Silakan Anda berkeliling ke lembaga pendidikan, tempat ibadah, atau rumah pribadi yang menurut Anda layak untuk menerima donasi listrik pintar.

Setelah itu Anda identifikasi meteran listriknya. Apakah menggunakan listrik prabayar ataukah menggunakan listrik pascabayar.

Kita bisa berbagi listrik pintar baik kepada pengguna listrik prabayar maupun pengguna listrik pascabayar.

Bedanya adalah pada pengguna listrik prabayar kita berbagi token listrik. Sedangkan pada pengguna Listrik pascabayar kita memenuhi atau membayar tagihan listrik bulanan nya.

Nah setelah Anda mendapati meteran listriknya. Coba Anda amati dan telusuri kemudian catat nomor meteran listrik nya atau jika ada ID pelanggan nya (IDPel).

Kemudian Anda bisa melakukan pembelian token atau pembayaran tagihan melalui dua cara.

Pertama, Anda bisa mendatangi PPOB, misalkan Indo***** terdekat. Kemudian lakukan transaksi dengan mereka, yaitu membeli token listrik prabayar atau membayar tagihan bulanan listrik pascabayar.

Jika itu merupakan listrik pascabayar maka tugas Anda selesai. Artinya Anda sudah memberikan donasi yaitu dengan melunasi tagihan listrik pascabayar mereka. Semoga dicatat sebagai amal baik Anda.

Sebagai catatan, usahakan melakukan pembayaran pada tanggal muda atau di awal bulan, karena kalau Anda melakukan pembayaran pada pertengahan atau akhir bulan ada kemungkinan tagihan itu sudah dibayar oleh pengguna listrik pascabayar.

Apakah ada kemungkinan pembayaran double? Tidak mungkin. Begitu ada pembayaran, baik oleh pemilik maupun oleh Anda, mana yang lebih dulu, maka tagihan itu sudah langsung dihapus dari sistem. Artinya sudah tidak ada lagi tagihan listrik.

Kemungkinan kedua jika itu merupakan merupakan listrik prabayar. Setelah melakukan transaksi di PPOB, Anda akan menerima kuitansi pembayaran disertai dengan nomor token listrik (20 digit) yang isinya sesuai dengan jumlah pembayaran Anda. Dalam hal ini tugas Anda belum selesai. Anda harus kembali ke lokasi untuk menginput nomor token listrik itu. Untuk itu, sebelum meninggalkan lokasi, Anda catat nomor HP atau syukur-syukur WhatsApp dari Takmir Masjid, Pengelola Yayasan, atau siapapun yang bisa dihubungi sehingga Anda cukup mengirimkan nomor token tersebut.

Cara kedua lebih praktis, tapi tergantung pada kualitas sinyal operator seluler.

Silakan Anda membawa smartphone dengan akses data internet dan aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli token listrik maupun untuk membayar tagihan listrik.

Silakan Anda search di Google Play Store dengan kata kunci PPOB atau kata kunci lainnya.

Tentu saja kendalanya adalah ketika kita berada di tempat ibadah atau masjid, lembaga pendidikan atau rumah pribadi di daerah-daerah yang terpencil biasanya tidak terjangkau oleh sinyal handphone apalagi sinyal internet.

Titip SeGra Aja Deh

Cara kedua jauh lebih praktis dan insyaAllah tepat sasaran.

Anda tinggal memberikan donasi berupa dana cash maupun uang elektronik yang bisa anda transfer ke nomor rekening SeGra.

Setelah itu SeGra yang akan mendistribusikan donasi Anda kepada rumah ibadah atau lembaga pendidikan atau yang lain yang pantas untuk menerimanya.

Hal ini akan menjamin pemberian donasi Anda akan tepat sasaran karena
SeGra akan melakukan seleksi terhadap calon penerima donasi listrik pintar melalui akses informasi yang dimiliki.

Beberapa kriteria dari calon penerima manfaat adalah yang pertama calon penerima manfaat itu merupakan sebuah organisasi yang juga menjadi tempat kegiatan pembelajaran atau jika berupa rumah ibadah (Masjid) maka
SeGra akan melakukan penilaian, apakah di masjid tersebut pada jam-jam terbuka itu digunakan untuk kegiatan salat berjamaah atau pada sore hari diadakan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA atau TPQ) untuk melayani anak-anak di sekitarnya.

Bagaimana jika Anda belum cukup dana untuk berbagi listrik pintar?

Anda bisa berkeliling mencatat nomor meter atau ID pelanggan dari rumah ibadah, lembaga pendidikan, baik itu listrik prabayar maupun listrik pascabayar. Lengkapi juga dengan data lokasi, nama dan nomor HP Takmir Masjid atau Pengelola, serta foto bangunan dan nomor meteran listriknya.

Anda tidak harus secara khusus berkeliling, bisa jadi ketika Anda sedang dalam perjalanan baik itu perjalanan pribadi maupun perjalanan bisnis, Anda bisa mampir ke rumah ibadah atau lembaga pendidikan yang dalam penilaian Anda memerlukan.

Kemudian berdasarkan informasi Anda, kami akan melakukan inventarisasi untuk di-share pada donatur lain yang bersedia.

Listrik untuk Pondok Tahfidz Al Kautsar

Minggu, 17 Februari 2019, Tim SekolahGratis melakukan observasi ke Pondok Tahfidz Al Kautsar, yang terletak di Dusun Gunung Sari, Desa Penanggungan, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Propinsi Jawa Timur.

Tim berangkat dari sekretariat SekolahGratis di Nias Cluster A9, Jember 68121 menuju Maesan atas, untuk menemui Sdr. Sutrisno yang akan mengantar menuju ke lokasi observasi, Pondok Tahfidz Al Kautsar.

Kemudian, kami menuju kediaman Sdr. Sanusi di Maesan bawah, seorang teman yang kebetulan saat ini sedang mengerjakan proyek pembuatan toilet di kompleks Masjid Al Kautsar. Setelah itu, kami bertiga menuju ke lokasi observasi. Kami tiba di lokasi pukul 8 pagi lebih dikit.

Tim SekolahGratis bersama Ustadz Sanusi

Seperti nampak di foto, kami berdiri di depan Masjid Al Kautsar baru yang sedang dalam proses pembangunan. Berdasar infomasi dari Takmir Masjid, pembangunan masjid ini mendapatkan bantuan dari Riyadh, tapi beliau tidak menyebut nama donaturnya.

Adapun Masjid Al Kautsar lama, berada tepat di ‘belakang’ masjid baru. Bangunan lama tetap dirawat untuk selanjutnya akan digunakan sebagai tempat Pondok Tahfidz Al Kautsar. Selama ini, santri ditempatkan di kediaman Takmir Masjid di ‘belakang’ kompleks masjid lama.

Demikian sedikit perbincangan kami dengan Ustadz Abdul Aziz, salah seorang anggota keluarga dan Pengurus Pondok Tahfidz.

Kemudian, kami melakukan observasi terhadap sarana prasarana pembelajaran di Pondok Tahfidz dan melakukan inventarisasi kebutuhan yang bisa diupayakan pengadaannya.

Meteran Listrik Pondok Tahfidz Al Kautsar

Untuk sementara, kami hanya bisa membantu menambah token listrik prabayar untuk menunjang kegiatan di Pondok Tahfidz.

Transaksi pembelian token, menggunakan aplikasi Dana.
Setelah token diinput

Ustadz Abdul Aziz mengucapkan terima kasih kepada Donatur yang telah berkenan memberikan donasi token listrik pintar melalui SekolahGratis.

Anda juga bisa menitipkan donasi melalui SekolahGratis dengan mengirim pesan WhatsApp untuk menanyakan nomer rekening bank. Donasi untuk token listrik atau sarpras di PondokTahfidz Al Kautsar atau kegiatan SekolahGratis di lembaga pendidikan lainnya.

Anda juga bisa langsung membelikan token listrik prabayar dengan nomor meter 32 1245 2524 0. Pastikan atas nama Masjid Al Kautsar, lalu mengirimkan nomer token (20 digit) ke Ustadz Abdul Aziz.

Indahnya berbagi.