Belum Terlambat, Kawan

Kereta baru berangkat. Suer. Baru puluhan meter dari Stasiun. Kami baru memulai perjalanan panjang. Ayo buruan kalau mau ikutan. Kami butuh kebersamaan untuk membangun kota kita tercinta, Bondowoso.

Kami? Iya, kami bertiga. Hermul, saya, dan Hendro. Kami baru bertiga. Masih banyak kursi kosong kok. Jangan kuatir gak kebagian.

Hermul seorang petarung lapangan, memiliki koneksi dengan birokrasi dan petinggi dinas terkait di Bondowoso, serta mengenal potensi Bondowoso hingga ke titik sudut terluarnya.

Dia satu-satunya anggota tim yang betah tinggal di Bondowoso. Dua anggota tim lainnya, tinggal dan menetap bersama keluarga di kota ‘satelit’ Bondowoso, yaitu Jember.

Hermul selaku founder dan pegiat Rumah Kita, memiliki kedekatan emosional dengan sejumlah komunitas di Bondowoso.

Komunitas pelaku usaha (UMKM) yang menurun pendapatannya dan terpaksa tidak bisa jualan karena mengandalkan kekuatan pasar tradisional dan gaptek untuk memanfaatkan pasar potensial melalui Internet marketing.

Komunitas penyandang disabilitas yang ingin menaikkan harkat dan martabatnya tanpa menurunkan harga diri dari rasa belas kasihan dari orang normal di sekitarnya.

Saya sendiri seorang dosen peneliti. Aslinya dosen matematika, pewaris Pak Anton, tapi spesialisasinya di bidang pembelajaran berbasis komputer atau lebih luas berbasis teknologi informasi. Lebih sering mengajar ilmu komputer dan meneliti pemanfaatan komputer dalam pembelajaran, khususnya matematika.

Sebagai founder PakarTI yang berkhidmat di bidang konsultan TI, saya tertantang untuk menerapkan pengetahuan dan pengalaman di bidang teknologi informasi untuk mengangkat nama Bondowoso dan juga pendapatan masyarakatnya dengan membantu memasarkan produk unggulan Bondowoso melalui pasar online Teras Rumah Kita.

Bagi PakarTI, ini merupakan kiprah kesekian kalinya di Bondowoso. Setelah sebelumnya, membangun RumahKita online, termasuk sub domain Smada88, Rooghibul Qur’an, Lingkar Komunitas dan Lingkar Buku. Berikutnya, mendukung go public-nya Yayasan Bunga Bangsa Bondowoso (https://bungabangsa.or.id). Dan satu lagi, mengonlinekan pemasaran produk turunan ayam, https://ajemode.id, milik Hendro.

Hendro adalah pelaku bisnis yang kaya pengalaman jatuh bangun merintis dan membesarkan entitas bisnis. Pengembang perumahan Kharisma, Wonosari dan pengelola peternakan ayam petelur di Curahdami.

Dengan masuknya Hendro, menjadi pembuka wawasan (open mindset) bagi tim, bahwasannya: (1) untuk bisa memberi lebih, maka kita harus terlebih dulu memiliki lebih banyak, tidak sekedar mengandalkan pemberian donatur untuk disalurkan dan (2) dengan memberi pada saat yang sama kita juga bisa memberi pada diri sendiri dengan menerima manfaat, yang bahkan nilainya bisa lebih besar dari pemberian kita.

Kami bertiga memang memiliki latar belakang berbeda. Baik latar pendidikan dan juga pengalaman. Namun, kami memiliki sejumlah kesamaan.

Kesamaan pertama, tentu saja kami sama-sama Smada88ers, alumni Smada Bondowoso, lulusan tahun 1988. Bahkan, saya pernah sekelas dengan Hendro di kelas 1.2.

Kesamaan kedua, karena kami memiliki kepedulian yang sama, bagaimana membangun masyarakat Bondowoso. Dan, kami yakin seyakin-yakinnya, haqqul yaqin, teman-teman juga memiliki kepedulian yang sama.

Sekarang mungkin teman-teman tinggal jauh dari Bondowoso, tapi kami yakin sebagian hati teman-teman masih tertaut di kota kenangan, Bondowoso.

Untuk itu, ayo bareng-bareng mengembangkan pasar online Teras Rumah Kita. Teman-teman yang memiliki kemampuan mengembangkan produk unggulan, silakan berinovasi dan menyuplai Teras Rumah Kita.

Bagi yang tinggal di Bondowoso, silakan berkontribusi dan mengambil peran penting. Bisa juga dengan berbagi pikiran dan sumbang saran, terutama bagi teman-teman yang tinggal di kejauhan.

Bagi yang berkecukupan, silakan berinvestasi modal. Kami perlu dukungan fnansial untuk membuat jalannya bisnis ini pesat dan melesat, bukan sekedar asal jalan atau bahkan tertatih-tatih.

Ditunggu banget kontribusinya (tenaga, pikiran, modal dll).

InsyaAllah kita agendakan ReuniOnlie part #2, yang diantaranya akan membahas peluang pasar ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.