Loncatlah Sebelum Telat

Sebagaimana disampaikan Khotib saat Khutbah Jumat, tulisan ini lebih untuk mengingatkan diri sendiri (self reminder), di samping juga untuk menggugah kesadaran teman-teman.

Seekor katak sedang enjoy. Ia duduk, berdiam diri, menikmati suasana. Genangan air di sekitarnya perlahan mulai hangat. Kulit tubuhnya menyesuaikan diri. Ia menikmati kehangatannya. Ketika air di sekitarnya mulai memanas, ia masih berusaha beradaptasi dengan lingkungannya. Dan saat air mulai mendidih, ia tak sempat lagi melompat untuk menyelamatkan diri, dari panci berisi air mendidih yang sebenarnya tak begitu tinggi.

Apakah ia tak sanggup melompat? Tidak, seekor katak sejatinya adalah pelompat. Bukankah ia berjalan dengan cara melompat. Bahkan ia sanggup melompati 2 atau 3 kali ketinggian panci. Namun itu tidak dilakukannya ketika air mulai menghangat. Ia mengerahkan kekuatannya justru untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang terus berubah. Ironisnya ia justru kehilangan kemampuan melompatnya, justru disaat ia sangat membutuhkannya.

Self Reminder

Disadari atau tidak, kita laksana seekor katak. Entah katak jantan atau betina. Saat ini kita sedang enjoy, karena berada di zona nyaman, menikmati suasana, menerima gaji, honor, atau tunjangan setiap bulan. Ini yang kadang membuat kita lupa, bahwa pada saatnya nanti, kita akan purna tugas. Entah pada usia 55, 60 atau 65 tahun. Pada saat itulah, kita akan mulai merasa kepanasan, tidak lagi menerima insentif bulanan untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga dengan terpaksa menguras tabungan. Ironisnya, ketika kita memerlukan dana tambahan, kita tidak bisa lagi melompat untuk memulai bisnis baru karena keterbatasan modal.

Namun, berbeda dengan katak, kita dikaruniai akal. Kita bisa memilih untuk melompat, kapanpun kita ingin. Jika Anda menilai sekarang adalah saat yang tepat, segeralah melompat. Jangan menunggu hingga terlambat. Jika belum begitu yakin, melompatlah dengan 1 kaki Anda. Biarkan 1 kaki lainnya tetap bertumpu di tempat biasanya. Namun, jika Anda masih juga ragu, bergabunglah bersama kami.

Let’s Join Us

Kami, belasan alumni Smada88 Bondowoso, mulai melompat dari zona nyaman dengan merintis suatu bisnis. Salah satunya, KopiKampoeng. Seorang teman berkenan memasok kopi mentah terbaiknya, 2 orang teman lainnya menangani proses produksi (roasting dan grinding), seorang lagi menangani pengemasan (packaging), 2 teman berkutat di research and development, saya bersama seorang teman fokus melakukan branding product, masing-masing seorang teman menangani penjualan (marketing), baik offline maupun online, serta seorang lagi didaulat menjadi brand ambassador.

Peluang masih terbuka, dengan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan KopiKampoeng, hingga merealisasikan KampoengKopi. Bahkan, tidak terbatas, yaitu dengan mengembangkan potensi lainnya.

Dengan demikian, misi terbentuknya Smada88 Community akan terpenuhi, yaitu: (1) Smada88 Family Care, dengan melibatkan sebanyak mungkin alumni Smada88 dan keluarganya dalam kegiatan produktif, (2) Smada Bondowoso Care, dengan memberikan kontribusi positif pada nama baik almamater, serta (3) Bondowoso Care, dengan mengeksplor potensi lokal Bondowoso untuk kemaslahatan bersama.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *