Lima We Satu Ha

Salah satu prinsip dasar dalam menulis adalah konten tulisan Anda seyogyanya memenuhi atau memuat lima we dan satu ha, yaitu:

  • What (Apa)
  • Who (Siapa)
  • When (Kapan)
  • Where (Dimana)
  • Why (Mengapa)
  • How (Bagaimana)

Sebagai contoh, jika Anda diminta untuk menulis laporan kegiatan Pelatihan Penulisan Blog.

What

Pertama, Anda perlu mencantumkan ‘judul’ kegiatan, yaitu pelatihan penulisan blog. Tambahkan juga tema kegiatan. Lebih lanjut, Anda bisa menguraikan apa pengertian blog, yaitu berawal dari web dan log.

Anda bisa menelisik lebih jauh ‘apa-apa’ yang lain, yang perlu diuraikan.

Who

Kedua, tuliskan siapa saja yang terlibat. Ustadz Santoso selaku penggagas kegiatan, dan Ustadz Heru Mulyadi selaku owner blog Rumah Kita, dimana tulisan Anda akan di-online-kan.

Tuliskan juga jumlah peserta kegiatan, siapa saja mereka.

When

Ketiga, tuliskan kapan kegiatan dilaksanakan: Minggu, 21 April 2019. Dimulai pukul berapa dan selesai pukul berapa? Uraikan secara detil, kegiatan dari menit ke menit.

Where

Keempat, tuliskan dimana kegiatan dilaksanakan: Rumah Tahfidh Rooghibul Qur’an. Ceritakan lebih lanjut mengenai Rooghibul Qur’an. Sebagai nilai tambah, cantumkan alamat lokasi kegiatan (share location) menggunakan aplikasi Google Maps (https://maps.google.com).

Why

Kelima, mengapa kegiatan ini dilaksanakan? Apa latar belakangnya? Apa tujuannya? Silakan lakukan interview dengan penggagas kegiatan ini, yaitu Ustadz Santoso.

How

Keenam, bagaimana kegiatan ini berlangsung? Tuliskan mulai dari
persiapan hingga pelaksanaan-nya.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, tuliskan pengalaman Anda dalam menghafal Al Qur’an. Uraikan masing-masing secara personal (orang-perorang). Gak perlu saling mencontek ya.

Kapan Anda mulai melakukannya? Siapa saja yang berperan dalam proses tersebut? Mengapa Anda melakukannya? Apa motivasi Anda? Dimana saja Anda melakukannya?

Silakan tambah pertanyaan lain untuk mengeksplor jawaban Anda.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat