Harlah ke-3 ROQU

Pada Ahad, 21 April 2019, Rumah Tahfidh Rooghibul Qur’an Nangkaan Bondowoso memperingati harlah ke-3, yang dikemas dengan Khotmil Qur’an dan Doa Bersama, dilanjutkan dengan Pelatihan Penulisan Blog.

Pelaksanaan peringatan hari lahir ROQU ke-3 kali ini sedikit berbeda dengan kegiatan-kegiatan harlah lembaga/ pesantren pada umumnya. Acara yang digelar di Rumah Tahfidh Rooghibul Qur’an ini diawali dengan (1) Doa Malam Nisfu Sya’ban, dilanjutkan dengan (2) Khotmil Qur’an yang dibaca oleh semua Santri secara bergiliran mulai dari Juz 1 sampai Juz 30, dan ditutup dengan (3) Doa Khotmil Qur’an.

Masih dalam rangkaian peringatan harlah ke-3 ROQU, seluruh hadirin dan undangan disuguhi materi yang sangat menarik mengenai “Bagaimana kiat-kiat Menjadi Penulis” oleh Bapak Edy Jo (https://fb.me/EdyJo) seorang Blogger, Penulis, dan Dosen di Universitas Jember.

Beberapa poin paparan beliau antara lain:

  • Awali menulis dengan ide yang terlintas dalam fikiran langsung ditulis abaikan yang lain-lain yang bisa membuat ide putus, termasuk tanda baca, huruf kapital, membaca ulang ke atas.
  • Awali menulis dengan Mind Mapping, tulis judul besar ditengah kemudian buat cabang atau ranting, dengan konsep 5W 1H.
  • Fast Writing, Menulis dengan metode cepat maksudnya ketika sudah ada ide atau gagasan wujudkan dalam bentuk tulisan.

Acara pelatihan ditutup dengan praktik menulis. Disela sela peserta praktik menulis, ditambahkan motivasi menulis beliau mengatakan “Buku apapun yang Anda tulis yakinkan berguna meskipun tidak secara langsung, setidaknya ada orang lain yang tertarik untuk membaca.”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat